Jan 26, 2015

Program Beasiswa dari Pemerintah Federasi Rusia



Setiap tahun, pemerintah Federasi Rusia membuka pendaftaran untuk program kuliah berbeasiswa di Rusia. Tahun 2014, sebanyak 115 mahasiswa asal Indonesia, menerima program beasiswa tersebut. Program beasiswa dibuka untuk jenjang S1 (4 tahun), S2 (2 tahun), Spesialisasi (5 tahun) dan didahului dengan program bahasa Rusia di Fakultas Persiapan selama 1 tahun (gratis bagian dari program beasiswa).

Selain program tersebut, juga terdapat program pelatihan selama 3, 5, 10 bulan sesuai dengan spesialisasi yang aktif ditekuni, misal untuk dosen, guru atau profesional. Untuk program pelatihan ini, tidak terdapat kuliah bahasa Rusia, dan diandaikan pendaftar cukup memahami kata-kata khusus di bidang yang akan ditempuh.



Daftar dokumen yang diperlukan pada saat pendaftaran

Januari-Maret 2015



Application form (format tersedia)
Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh SMA/ SMK/ Perguruan Tinggi. Untuk pendaftar S1, nilai ijazah SMA/SMK atau raport semester V dengan rata-rata 8,0 dan usia maksimal 25 tahun. Untuk pendaftar S2, IPK minimal 3,20. Untuk pendaftar S3, lulus S2 dari universitas di Rusia.
Untuk pendaftar yang langsung menuju Fakultas Spesialisasi dan sudah lulus mengikuti Fakultas Bahasa di Rusia selama 1 tahun, sertakan juga sertifikat kelulusannya.

Untuk pendaftar program pelatihan, sertakan ijazah terakhir atau transkrip nilai terbaru atau setidaknya sudah pernah mengikuti kuliah S1.

Fotokopi medical certificate (format tersedia)
Fotokopi paspor sampul hijau yang masa berlakunya tidak kurang dari 24 bulan
Fotokopi akte kelahiran
Permohonan pengesahan dokumen (format tersedia)
CV dan motivation letter dalam Bahasa Inggris maksimal 2 halaman A4 (format tersedia)
Lembar Pernyataan Jaminan (Lampiran No.3) dan Surat Jaminan (Lampiran No.4) diisi pada formulir yang bahasa Rusia saja, dengan tulisan latin/Bahasa Indonesia, dan ditempelkan materai Rp.6000,- di bagian ‘tanda tangan penjamin’ (format tersedia dan lihat petunjuk).
Untuk yang sudah pernah kuliah di Rusia, tidak perlu mengisi lembar ini.

Fotokopi sertifikat kompetisi dan penghargaan yang dimiliki
Pasfoto 4x6 dengan latar belakang putih, 10 lembar.


Semua dokumen diserahkan dalam kertas ukuran A4 yang kemudian akan diterjemahkan oleh Pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta dan disahkan oleh Kantor Konsuler KBFR Jakarta. Berkas dimasukkan ke dalam map karton kuning (S1), map karton merah (S2), map karton hijau (S3), map karton biru (pelatihan)

Semua formulir diisi dengan Bahasa Inggris (untuk semua pendaftar) atau Bahasa Rusia (khusus untuk lulusan S1/S2 dari Rusia yang akan mendaftar program S2/S3)



Dokumen diserahkan pada 19 Januari – 2 Maret 2015.

Ke:

Gedung Pusat Kebudayaan Rusia

Jalan Diponegoro No.12 Menteng Jakarta Pusat 10310 INDONESIA

Informasi lebih lanjut:

Email   : beasiswarusia@gmail.com



Proses pendaftaran dan seleksi Beasiswa Rusia 2015

Pendaftar mengumpulkan dokumen ke Pusat Kebudayaan Rusia dalam jangka waktu penerimaan pendaftaran. Semakin cepat menyerahkan dokumen akan menjadikan pendaftar mendapatkan pertimbangan yang baik. (19 Januari – 2 Maret 2015)
Setelah periode pendaftaran dokumen selesai, pendaftar akan dipanggil untuk seleksi wawancara. Untuk pendaftar yang lulus seleksi wawancara, harus membayar biaya penerjemahan dokumen ke Bahasa Rusia. (Maret 2015)
Setelah dokumen diterjemahkan dan disahkan oleh Kantor Konsuler Kedutaan Besar Federasi Rusia, dikirimkan oleh PKR ke Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Federasi Rusia. (April 2015)
Kementerian Rusia akan menempatkan pendaftar di 6 universitas usulan pendaftar. (Mei-Juli 2015)
Keputusan Kementerian Rusia diberitahukan melalui PKR dan diteruskan kepada penerima beasiswa. (Agustus 2015)
Mahasiswa menunggu invitation letter untuk membuat entry visa dan mempersiapkan keberangkatan ke Rusia. (September 2015)
Sebelum kuliah di bidang spesialisasi pilihan, mahasiswa akan kuliah di Fakultas Bahasa selama 1 tahun di Rusia (program ini gratis bagian dari program beasiswa).


Biaya-biaya yang harus disediakan dalam program beasiswa Rusia 2015

Pemerintah Federasi Rusia memberikan beasiswa gratis biaya pendidikan, tetapi masih ada biaya-biaya yang harus disediakan oleh mahasiswa, yaitu:

-          Penerjemahan, pengesahan dan pengiriman dokumen ke Rusia Rp.2,000,000,-

-          Pembuatan entry visa USD50

-          Tiket pesawat Jakarta-kota-kota studi di Rusia +/- USD900-1400

-          Penjemputan +/- USD250

-          Visa studi +/- USD150 per tahun

-          Cek kesehatan dan asuransi +/- USD300 per tahun

-          Asrama +/- USD500 per semester

-          Biaya hidup +/- USD300 per bulan

-          Perlengkapan untuk tinggal di Rusia selama studi

Biaya tersebut dapat disediakan sendiri atau menerima bantuan dan sponsor dari lembaga lain.



Informasi yang tertulis berdasarkan ketentuan pendaftaran tahun 2014, dan jika ada perubahan akan segera diberitahukan kemudian.

0 komentar:

Categories

Sample Text

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.

Popular Posts

Text Widget